Rabu, 08 November 2017

Main Ke Solo? Wajib Bawa Oleh-Oleh Ini

Main Ke Solo? 
Wajib Bawa Oleh Oleh Khas Solo




Bengawan Solo
Riwayatmu ini
Sedari dulu jadi...
Perhatian insani

Musim kemarau
Tak seberapa airmu
Dimusim hujan air..
Meluap sampai jauh

Mata airmu dari Solo
Terkurung gunung seribu
Air meluap sampai jauh
Dan akhirnya ke laut

Itu perahu
Riwayatnya dulu
Kaum pedagang selalu...
Naik itu perahu
emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio


Lirik diatas adalah sepenggal syair dari lagu Bengawan Solo cipt. Gesang yang terkenal. Selain terkenal akan Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa, kota Solo juga terkenal akan seni budaya dan pariwisatanya. 

Nah buat agan n sista yang tertarik untuk berwisata dan mampir ke kota asal Ane, jangan lupa beli dan bawa oleh oleh khas Solo.
emoticon-Monggo emoticon-Monggo emoticon-Monggo


1. Kerajinan Tangan


Main Ke Solo? Wajib Bawa Oleh-Oleh Ini

Di Solo agan dan sista dengan mudah akan menemui hasil kerajinan tangan Warga Solo dan sekitarnya. Kerajinan tangan ini sebagian besar di produksi di kota kota sekitar Solo, sepeerti Wonogiri, Boyolali dan Sukoharjo. 

Salah satu yang bisa agan n sista bawa pulang adalah miniatur hewan yang terbuat dari akar wangi. Perlu agan ketahui, akar wangj termasuk bahan namun yang langka lho. Akar wangi ini bisa Agan jadikan sebagai pengharum lemari maupun benda benda pusaka jika agan punya. Oh ya, buat yang tertarik dengan kerajinan berbahan akar wangi ini bisa menemukanya di sekitar Alun Alun dan Keraton Solo.

2. Batik Solo


Main Ke Solo? Wajib Bawa Oleh-Oleh Ini

Bicara tentang Solo tidak lengkap tanpa Batik
emoticon-Batik emoticon-Batik emoticon-Batik
Batik seakan sudah menjadi ikon yang tak bisa dilepaskan dari kota Solo. Beragam corak dan mode batik telah banyak dihasilkan di Kota Solo. Dari Kain Batik tradisional sampai berbagai desain pakaian batik yang modern dan fashionable. 

Buat agan sista yang mau belanja batik silahkan mampir ke Pasar Klewer ya. Lokasinya ada di sebelah selatan Masjid Agung Surakarta.

3. Solo Prabu Cake


Main Ke Solo? Wajib Bawa Oleh-Oleh Ini

Buat agan n sista yang suka sama cake, wajib mampir ke Solo Prabu Cake. Di toko yang berlokasi di Honggowongso Square ini agan bisa memilih beragam menu cake yang tersedia. Agan bisa memilih variasi rasa khas solo diantaranya Gareng Black Velvet, Semar Keju, Petruk Tiramisu, Nakula chocolate, Sadewa Taro, dan lain lain.
Oh ya, semua cake yang diproduksi disini bebas bahan pegawet lho gan. Harganya pun cukup terjangkau, yakni antara 45.000 sampai dengan 55.000 untuk 1 porsi besar.


4. Minuman Tradisional Serbat


Main Ke Solo? Wajib Bawa Oleh-Oleh Ini

Buat agan n sista yang ingin tetap sehat dan bugar, nggak ada salahnya membawa serbat sebagai oleh ole saat berkunjung ke kota Solo. Serbat adalah minuman tradisional dari berbagai bahan alami. Salah satu bahan yang digunakan adalah jahe. 

Jika agan mengkonsumsinya maka akan mendapatkan sensasi rasa hangat dan juga baik wangi dari serbat ini. Dan yang paling penting, serbat ini menggunakan bahan bahan alami dan tanpa bahan pengawet.

5. Ampyang


Main Ke Solo? Wajib Bawa Oleh-Oleh Ini

Makanan dengan bahan namun kacang ini merupakan favorit TS lho. Yup, Ampyang. Ampyang merupakan salah satu cemilan nusantara yang cukup terkenal. Nah, yang membedakan Ampyang khas Solo adalah rasa pedasnya. Selain menggunakan gula merah dalam proses pembuatannya, Ampyang Khas Solo juga menggunakan Jahe sebagai bahannya. Sehingga agan bisa merasakan manis bercampur pedas saat memakannya.

Buat Agan yang suka Ampyang atau penasaran pengin mencoba, bisa mampir ke Toko Empat Dara yang berlokasi di Jalan Banjarsari,Gilingan. 

6. Abon Sapi

Main Ke Solo? Wajib Bawa Oleh-Oleh Ini
Salah satu oleh oleh khas Solo yang tak boleh dilupakan adalah Abon Sapi. Salah satu yang terkenal adalah Abon Sapi Mesran Solo. Abon sapi ini dibuat dengan bahan daging sapi premium dan juga rempah rempah. Ada 2 pilihan rasa yang bisa agan n sista pilih, yaitu rasa manis dan juga pedas. Jika Agam n Sista berminat bisa langsung meluncur ke jl. Kalilarangan di Jayengan Solo.

7. Roti Mandarijn Orion


Main Ke Solo? Wajib Bawa Oleh-Oleh Ini

Agan n Sista nggak perlu tahu dengan roti mandarijn orion. Semua orang tahu tentang toko foto ini. Roti Mandarijn sangat terkenal sebagai roti lapis dengan aroma jeruk mandarijn dan juga terasa sangat lembut di lidah. Variasi rasanya pun bermacam macam. Mulai rasa original, berlapis nanas, foto spesial dan juga foto dengan taburan kismis diatasnya. 
Yuks gan meluncur ke Mandarijn Orion yang terletak di jln Urip Sumoharjo, Jebres, Solo.

8. Intip Khas Solo


Main Ke Solo? Wajib Bawa Oleh-Oleh Ini

intip adalah cemilan khas yang terbuat dari kerak nasi liwet. Kesukaan TS bangets nih emoticon-Genit

Namun untuk sekarang agak susah untuk menemukan intip yang benar2 asli terbuat dari kerak nasi liwet. Namun intip yang bisa agan temukan nggak jauh berbeda kok rasanya. Tetap terasa gurih dan kriuknya juga maknyuss.

9. Serabi Notosuman


Main Ke Solo? Wajib Bawa Oleh-Oleh Ini

Datang ke Solo dan tidak mencoba Serabi? Agan n Sista belum benar benar menjelajah Solo. emoticon-Big Grin Serabi adalah kuliner khas Solo yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Agan n Sista bisa langsung menuju ke Serabi Notosuman Ny. Handayani yang terletak di jln Moh. Yamin, Serengan. Serabi ini sudah ada sejak tahun 1923 dan rasa serta sensasinya tidak berubah

Demikian Gan Sist, beberapa rekomendasi oleh oleh khas Solo yang wajib ente bawa.
Semoga bisa memberikan informasi dan inspirasi buat agan dan sista

Tidak ada komentar:

Posting Komentar